Share | Membuat ID Properti web analytics | Belajar praktis -->
Home » » Share | Membuat ID Properti web analytics

Share | Membuat ID Properti web analytics

Membuat ID Properti web analytics

Apabila kita membuat suatu blog baru, kita wajib membuat setelan blog, diantaranya adalah setelan "GOOGLE ANALYTICS", mengapa kita mesti membuatnya?, berikut saya ambilkan tentang penjelasan dan sekaligus jawaban dari pertanyaan tsb, jawaban tsb saya ambil dari Bantuan Google Analiytis, tentang :

Kode pelacakan

Kode pelacakan (1) adalah cuplikan JavaScript yang mengumpulkan dan mengirimkan data ke Analytics dari situs web. Kode pelacakan dibuat secara otomatis untuk setiap properti web. Anda harus menyalin dan menempelkan kode pelacakan dari akun Anda ke laman web agar Analytics berfungsi. Pelajari lebih lanjut cara menyiapkan kode pelacakan web.

Cuplikan kode pelacakan hanya untuk mengumpulkan data dari situs web. Anda dapat menggunakan SDK Analytics untuk mengumpulkan data dari aplikasi seluler dan Measurement Protocol untuk mengumpulkan data dari layanan digital lainnya, seperti kios tiket dan konsol game. SDK dan Measurement Protocol harus disiapkan oleh pengembang.

ID Pelacakan dan nomor properti

ID pelacakan (2) berupa string seperti UA-000000-01. ID pelacakan harus disertakan dalam kode pelacakan Anda untuk memberi tahu akun dan properti mana yang akan dikirim datanya ke Analytics. ID pelacakan secara otomatis disertakan dalam cuplikan JavaScript untuk situs web, selain itu harus disertakan pada teknologi pelacakan lain seperti SDK dan Measurement Protocol, agar Analytics berfungsi. Kumpulan nomor pertama (000000, pada contoh di atas) merujuk pada nomor akun Anda, dan kumpulan kedua (-01) merujuk pada nomor properti tertentu (3) yang terkait dengan akun. ID pelacakan berada dalam huruf besar di laman Info Pelacakan. Anda juga dapat melihat seluruh string di baris pertama kode pelacakan cuplikan JavaScript.

Langkah Membuat ID Google Analytic

1. Masuk ke akun Google Analytic akun Google Analytic.

2. Pilih menu ADMIN

Membuat ID Properti web analytics

3. Tarik turun kolom ADMIN > Buat akun baru.

4. Isi kolom Nama Akun, sebagai contoh "Akun Baru"

5. Isi kolom Nama Web ( isi dengan Nama Web/Blog yang telah dibuat)

6. Isi kolom URL Situs Web , Copy URL Situs/Blog yang telah dibuat dan pastekan pada kolom yang telah tersedia), perhatikan, untuk mengubah URL Situs dengan HTTP/HTTPS, dengan cara menekan tombol disebelah kiri kolom isian "NAMA URL Situs".

Membuat ID Properti web analytics

7. Pilih Kategori Industri yang telah disediakan, jika tidak ada kategori yang kita inginkan pilih "Lainnya".

8. Pilih Zona Pelaporan contoh : INDONESIA.

9. Setelah semua kolom diisi tarik turun ke bawah halaman tersebut dan klik tombol berwarna biru: "dapatkan ID PELACAKAN".

Membuat ID Properti web analytics

Membuat ID Properti web analytics

Membuat ID Properti web analytics

10. Setelah itu kita dihadapkan pada sebuah halaman Agreement, pilih : Setujui.

Membuat ID Properti web analytics

11. Dengan begitu kita telah mendapakan nomor ID PELACAKAN dari Google Analytic.

Membuat ID Properti web analytics

12. Copy ID PELACAKAN tsb dan pastekan pada kolom "ID Properti Web ANALYTICS" pada setelan blog yang telah dibuat.

13. Copy Script dari Google Analytic dan paste kan pada setiap halaman Blog yang ingin dilacak.

Membuat ID Properti web analytics

Demikian tadi sedikit share tentang mencari "ID Properti Web Analytics", untuk Blog/Situs yang kita buat, semoga manfaatnya buat rekan - rekan semua khususnya yang saat ini lagi proses membuat blog, untuk melihat menu - menu yang lainnya anda bisa klik di Menu Blog Belajar Praktis.

Terimakasih telah membaca artikel berjudul Share | Membuat ID Properti web analytics

0 comments Share | Membuat ID Properti web analytics