Belajar praktis | Best SEO Friendly Blogger Template -->
thumbnail

Microsoft Excel | Contoh Penerapan menu Countif

Contoh Penerapan Menu Countif

Perhatikan tabel Hasil Nilai Ulangan Matematika, Di bawah ini.


contoh tabel hasil ulangan matematika

Untuk menghitung Jumlah masing-masing siswa dengan Predikat Nilai dan Juga Kategori nilai huruf, kita gunakan Menu Countif. Berikutnya langkahnya :

1. Perhatikan pada tabel Predikat Nilai.

tabel predikat nilai>

       Ada 5 Predikat Nilai.

  1. Sangat baik.
  2. Baik.
  3. Cukup.
  4. Kurang.
  5. Sangat Kurang.

2. Untuk menghitung jumlah siswa dengan Predikat Sangat Baik, tempatkan kursor dicell P4.
3. Buat formula pada cell tersebut :
=COUNTIF($G$4:$G$28;$G$10)
4. Hitunglah jumlah siswa dengan Predikat Nilai seperti di G10 Pada range area G4 sampai dengan G28.
5. Untuk menghitung jumlah siswa dengan Predikat Baik, tempatkan kursor dicell P5.
6. Buat formula pada cell tersebut :
=COUNTIF($G$4:$G$28;$G$4)
7. Untuk menghitung jumlah siswa dengan Predikat Cukup, tempatkan kursor dicell P6.
8. Buat formula pada cell tersebut :
=COUNTIF($G$4:$G$28;$G$5)
9. Untuk menghitung jumlah siswa dengan Predikat Kurang, tempatkan kursor dicell P7.
10. Buat formula pada cell tersebut :
=COUNTIF($G$4:$G$28;$G$6)
11. Untuk menghitung jumlah siswa dengan Predikat Sangat Kurang, tempatkan kursor dicell P8.
12. Buat formula pada cell tersebut :
=COUNTIF($G$4:$G$28;$G$12)
13. Maka seluruh predikat nilai telah terisi.
14. Total Siswa dengan Predikat Nilai tersebut harus sama dengan Jumlah siswa pada data tabel Nilai Ulangan.

hasil
15. Untuk membuat jumlah siswa dengan masing-masing Kategori Nilai Huruf, lakukan hal sama seperti seperti diatas, sebagai bahan latihan.

tabel kategori nilai huruf

Demikian sedikit yang bisa saya share hari ini, semoga ada manfaatnya buat rekan-rekan semua. untuk melihat menu Excell yang lain silakan klik Menu Excell.


thumbnail

Microsoft Excel | Contoh Penerapan Fungsi : IF Bertumpuk

Contoh Penerapan Fungsi : IF Bertumpuk

Perhatikan tabel Hasil Nilai Ulangan Matematika, Di bawah ini.


data nilai

Untuk membuat konversi dari nilai angka ke nilai huruf, kita akan menggunakan Fungsi IF Bertumpuk. Adapun langkahnya adalah sbb :

1. Perhatikan Kategori Nilai Huruf.

kategori nilai
2. Kemudian tempatkan Kursor di cell F4.

3. Buat Formula Fungsi If Bertumpuk.

=IF(E4<45;"E";IF(E4<60;"D";IF(E4<70;"C";IF(E4<80;"B";"A"))))

4. Pengertian Formula tersebut adalah : beri huruf E, jika dinilai di cell E4. kurang dari 45, beri Nilai huruf D Jika nilai di E4 kurang dari 60, beri huruf C jika nilai di cell E4 kurang dari 70, beri nilai B jika nilai di cell E4 kurang dari 80, beri nilai A, jika nilai diluar kategori tsb.

5. Copy formula tersebut hingga F28.
6. Dengan demikian kita telah mendapatkan hasil konversi nilai huruf.

hasil

7. Contoh lain anda bisa membuat Predikat Nilai, dengan terlebih dahulu membuat batasan untuk masing-masing Predikat Nilai seperti contoh dibawah ini, sebagai latihan.


predikat nilai

Demikian sedikit yang bisa saya share hari ini, semoga ada manfaatnya buat rekan-rekan semua. untuk melihat menu Excell yang lain silakan klik Menu Excell.


thumbnail

Microsoft Excel | Penjumlahan dengan beberapa kriteria.

Penjumlahan dengan beberapa kriteria.

Untuk menjumlahkan suatu data dengan beberapa kriteria tertentu, kita menggunakan menu fungsi SUMIFS. Berikut adalah contoh database Sales. Kita akan coba membuat Sales Representatif Performance.

1. Lihat screenshot contoh data Sales dari Sales Representatif, di bawah ini.

datbase contoh

2. Untuk membuat jumlah Order Qty, by Flavour, by Sales Representatif, kita gunakan menu fungsi SUMIFS.


sales representatif performance
3. Langkah 1, tempatkan kursor di cell L9.
4. Buat Formula pada cell tersebut
=SUMIFS($G$6:$G$25;$F$6:$F$25;K9;$B$6:$B$25;"Suhendi")

5. Arti dari formula tersebut adalah, Jumlahkan label kolom Order Qty ( G6:G25 ), dengan (kriteria 1) yang berada pada area F6:F25 yaitu Mi Ayam Bawang atau K9, untuk Sales Representatif yang berada pada range area B6:B25 (kriteria 2) yaitu Suhendi.

6. Copy cell tersebut sampai dengan cell L13.
7. Buat hal yang sama, untuk sales representatif Hartono.

Demikian sedikit yang bisa saya share hari ini, semoga ada manfaatnya buat rekan-rekan semua. untuk melihat menu Excell yang lain silakan klik Menu Excell.

thumbnail

Microsoft Excel | Belajar Menu Fungsi IF OR

Microsoft Excel, Fungsi : IF OR

IF OR : adalah suatu fungsi Logical, jika salah satu kondisi/syarat yang di tentukan terpenuhi maka excel akan menampilkan value yang kita tentukan/True, dan sebaliknya jika ke-2 kondisi bersyarat yang ditentukan tidak terpenuhi maka excel akan menampilkan False. Untuk lebih jelasnya kita akan langsung saja pada penerapannya.

Dalam contoh Belajar menggunakan fungai IF OR ini, saya akan ambil data contoh hasil ujian Penjurusan.

1. Di Bawah ini adalah contoh data hasil ujian Penjurusan.

hasil ujian penjurusan

2. Untuk menentukan Jurusan yang bisa dipilih IPA atau IPS Kita akan menggunakan fungsi IF OR :

  1. Jika Nilai MTK sama atau diatas 6, atau nilai rata-rata MTK dan IPA diatas 6,5 : Jurusan IPA.
  2. Jika Nilai IPS sama atau diatas 6, atau nilai rata-rata IPS dan Bahasa diatas 6,5 : Jurusan IPS.
  3. .

3. Buat formula di cell K5
=IF(OR(D5>=6;F5>=6,5);"IPA";" ")
4. Copy Formula tersebut sampai dengan K19.
5. Arti Formula diatas adalah, Apabila nilai MTK diatas 6 atau nilai rata-rata MTK dan IPA diatas 6,5 masuk Jurusan IPA.
6. Buat formula di cell L5.
=IF(OR(H5>=6;I5>=6,5);"IPS";" ")
7. Copy Formula tersebut sampai dengan L19.
8. Arti formula diatas, Apabila nilai IPS sama dengan atau diatas 6, atau rata-rata nilai IPS dan Bahasa diatas 6,5 maka masuk Jurusan IPS.
9. Dengan demikian kita telah mendapatkan hasilnya, seperti di screenshot di bawah ini.

hasil if or

Demikian sedikit yang bisa saya share hari ini, semoga ada manfaatnya buat rekan-rekan semua. untuk melihat menu Excell yang lain silakan klik Menu Excell.


thumbnail

Microsoft Excel | Penjumlahan dengan Kriteria : menggunakan Fungsi DSUM

Penjumlahan dengan Kriteria : menggunakan Fungsi DSUM.

Ikuti langkahnya.

1. Lihat screenshot area data di bawah ini.

database
2. Untuk Membuat rekapitulasi penjualan pada masing-masing toko, klik pada cell J7.
3. Buat formula =DSUM(B5:G25;F5;I6:I7. kemudian klik ENTER.

4. Arti formula di atas adalah, Jumlahkanlah sesuai dengan kriteria pada label kolom I6 pada cell I7, dengan nilai yang berada pada label kolom F5 pada tabel data B5:G25.

5. Untuk mengisi baris selanjutnya, Range area I7:J11.

6. Klik menu DATA, lihat ribbon DATA TOOLS klik menu dropdown pada What-if-Analysis, pilih Data Table.

menu what if analysis

7. Kemudian muncul jendela dialog DATA TABLE, tempatkan kursor pada bagian Column Input Cells.

8. Lanjutkan dengan, Klik cell I7 dan ENTER. maka dengan begitu, semua data langsung terisi.

column input cells

Demikian tadi sedikit yang bisa saya Share kepada rekan - rekan semua, semoga bisa bermanfaat baik dalam mengerjakan tugas – tugas dari sekolah maupun tugas dalam pekerjaan, untuk melihat menu - menu yang lainnya anda bisa klik di Menu Blog Belajar Praktis.


thumbnail

Microsoft Excel | Penjumlahan dengan kriteria : menggunakan fungsi SUMIF

Penjumlahan dengan Kriteria dengan menggunakan Fungsi SUMIF

Bagimana cara untuk menjumlah suatu data dengan kriteria tertentu dari range area data yang ada. Ikuti langkahnya.

Lihat screenshot area data di bawah ini.

database
  1. Untuk menjumlah dengan menggunakan kriteria tertentu, saya akan mengambil contoh, Membuat Subtotal pada sebuah data sales mi instan.
  2. Perhatikanlah pada label kolom Description. Ada beberapa Flavour yang terdapat pada Field tsb.
  3. Untuk menjumlah masing-masing flv tsb, kita menggunakan menu SUMIF.
  4. Buat Formula pada cell K7 =Sumif(E6:E25;E6;F6:F25), kemudian klik ENTER.
  5. Arti dari Formula tersebut adalah : Jumlahkanlah sesuai kriteria yang berada pada range area E6:E25 untuk kriteria seperti E6 dengan nilai berada pada Range area F6:F25.
  6. Untuk membuat Sub Total Mi Goreng, sama seperti, saat membuat Sub total Mi Ayam Bawang.
  7. Tempatkan kursor pada cell K7 kemudian Buat formula =Sumif(E6:E25;E7;F6:F25).kemudian klik ENTER.
  8. Demikian juga untuk Flavour-flavour yang lain.
  9. Adapun definisi dari formula tersebut adalah :
    1. E5:E25 Range Area Kriteria.
    2. E5, E6, E7, dst..adalah Kriteria.
    3. F5:F25 adalah Sum_Range.

Demikian tadi sedikit yang bisa saya Share kepada rekan - rekan semua, semoga bisa bermanfaat baik dalam mengerjakan tugas – tugas dari sekolah maupun tugas dalam pekerjaan, untuk melihat menu - menu yang lainnya anda bisa klik di Menu Blog Belajar Praktis.


thumbnail

Microsoft Excel | Menu Conditional Formating Microsoft Excel

Belajar Conditional Formating Microsoft Excel

Share selanjutnya kali ini akan belajar menggunakan menu "CONDITIONAL FORMATING", menu ini lebih cenderung untuk kemudahan dalam presentasi data. Baiklah kita langsung menuju pada pembahasannya. Saya ambil contoh sebuah data pencapaian dari realisasi sales mi instant untuk beberapa toko. Untuk memudahkan analisis data, kita diminta untuk memberi warna yang berbeda dari hasil pencapaian suatu sales mi instant, dengan kriteria sebagai berikut :

  1. Untuk pencapaian sales diatas 80% berilah warna biru.
  2. Untuk pencapaian sales diantara 65% s/d 80% berilah warna hijau.
  3. Untuk pencapaian sales dibawah 65% berilah warna merah.

Untuk memberi warna yang dimaksud secara otomatis, maka kita akan menggunakan menu Conditional Formating, langkahnya adalah sbb :

1. Range pada kolom yang akan diberi Conditional Formating, pada contoh share ini, adalah kolom pencapaian yaitu mulai dari kolom E4 – E12.

datbase

2. Pilih menu Contional Formating > Manage Rules.

menu conditional formating

3. Muncul jendela “ Conditional Formating Rules Manager “

.

4. Klik tombol “New Rules“.

new rules
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiaT7cx9WRVf_mcScxsWk3yAx_WVnkMA_8riZSwzZ7_CEr-I0U-OGYG2MpZ8ZBam4dYW9PZ1pAnBZ41MRkHxHViUsuwuk5fuYVtHHVa_lJY2qlpFzsishg_hDhFwfplFfuE8WtkIGgrR2A/s320/gbr+1+menu+CF+NEW+RULES.jpg

5. Pada option “Select a Rule Type” : pilih option > "Format only cells that Contains", lanjutkan isi kolom ke- 2 pada “Edit the Rule Description” dengan meng – klik tanda panah diujung kolom. Dan pilih : GREATER THAN, kemudian isi kolom ketiga dengan 80%, dalam hal ini kita akan membuat kondisi format yang pertama yaitu untuk pencapaian diatas 80% diberi warna Biru, dan klik tombol "FORMAT"

.
new formating rules

Muncul jendela baru Format cell, pilih Color : Biru, dan klik OK

,
select color

Dengan demikian maka kita telah mendapatkan kondisi yang baru untuk pencapaian. diatas 80% dan klik OK sekali lagi pada jendela “New Conditional Formating” tsb, dengan demikian kita telah selesai membuat kondisi yang pertama.

kriteria greater than

6. Untuk membuat kondisi Format yang kedua ulangi langkah 3 , langkah 4, untuk langkah 5 : pilih : "BETWEEN", isilah dengan nilai 65% s/d 80% dan pilih warna Hijau pada pilihan format cell.

kriteria between

7. Lanjutkan dengan membuat kondisi yang ketiga, ulangi langkah 3, langkah 4, untuk langkah 5 : pilih : "LESS THAN", isi dengan 65% dan pilih warna Merah pada Format Cell.

kriteria less than

8. Klik tombol "APPLY" kemudian OK, dengan demikian telah selesai, untuk membuat conditional formating pada excell.

menambah kriteria yang lain

Dan inilah hasil akhir dari proses penggunaan menu Conditional Formating tsb



hasil jadi

9. Untuk menghapus menu tersebut, kita tinggal masuk menu "Conditional Formating" > "Clear Rules", selesai.

Demikian tadi sedikit yang bisa saya Share kepada rekan - rekan semua, semoga bermanfaat baik dalam mengerjakan tugas – tugas dari sekolah maupun tugas dari pekerjaan, untuk melihat menu - menu yang lainnya anda bisa klik di Menu Blog Belajar Praktis.