Microsoft Excel | Penjumlahan dengan kriteria : menggunakan fungsi SUMIF | Belajar praktis -->
Home » » Microsoft Excel | Penjumlahan dengan kriteria : menggunakan fungsi SUMIF

Microsoft Excel | Penjumlahan dengan kriteria : menggunakan fungsi SUMIF

Penjumlahan dengan Kriteria dengan menggunakan Fungsi SUMIF

Bagimana cara untuk menjumlah suatu data dengan kriteria tertentu dari range area data yang ada. Ikuti langkahnya.

Lihat screenshot area data di bawah ini.

database
  1. Untuk menjumlah dengan menggunakan kriteria tertentu, saya akan mengambil contoh, Membuat Subtotal pada sebuah data sales mi instan.
  2. Perhatikanlah pada label kolom Description. Ada beberapa Flavour yang terdapat pada Field tsb.
  3. Untuk menjumlah masing-masing flv tsb, kita menggunakan menu SUMIF.
  4. Buat Formula pada cell K7 =Sumif(E6:E25;E6;F6:F25), kemudian klik ENTER.
  5. Arti dari Formula tersebut adalah : Jumlahkanlah sesuai kriteria yang berada pada range area E6:E25 untuk kriteria seperti E6 dengan nilai berada pada Range area F6:F25.
  6. Untuk membuat Sub Total Mi Goreng, sama seperti, saat membuat Sub total Mi Ayam Bawang.
  7. Tempatkan kursor pada cell K7 kemudian Buat formula =Sumif(E6:E25;E7;F6:F25).kemudian klik ENTER.
  8. Demikian juga untuk Flavour-flavour yang lain.
  9. Adapun definisi dari formula tersebut adalah :
    1. E5:E25 Range Area Kriteria.
    2. E5, E6, E7, dst..adalah Kriteria.
    3. F5:F25 adalah Sum_Range.

Demikian tadi sedikit yang bisa saya Share kepada rekan - rekan semua, semoga bisa bermanfaat baik dalam mengerjakan tugas – tugas dari sekolah maupun tugas dalam pekerjaan, untuk melihat menu - menu yang lainnya anda bisa klik di Menu Blog Belajar Praktis.


Terimakasih telah membaca artikel berjudul Microsoft Excel | Penjumlahan dengan kriteria : menggunakan fungsi SUMIF

0 comments Microsoft Excel | Penjumlahan dengan kriteria : menggunakan fungsi SUMIF